HR Software Terlengkap di Indonesia
HR Software

Software ERP Terbaik di Indonesia

Software ERP Terbaik di Indonesia

Software ERP terbaik di Indonesia menjadi hal yang dicari-cari oleh banyak perusahaan, tak terkecuali perusahaan yang masih baru yang ada di Indonesia. Tapi banyak yang belum mengetahui soal ERP nih. Apa itu ERP software? ERP atau singkatan dari Enterprise Resource Planning merupakan software yang memiliki fungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan segala bentuk aktivitas operasional dalam sebuah bisnis. Awalnya, ERP hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang besar (enterprise), tapi sekarang sudah mulai populer di beberapa UKM.

ERP merupakan software yang digunakan oleh perusahaan untuk mengerjakan kegiatan bisnis harian, seperti mengelola keuangan, pengadaan barang, produksi barang, melakukan proyek, mencari SDM, dan lain-lain. Sistem ini juga biasanya memiliki informasi yang real-time dan akurat, sehingga perusahaan pun dapat membuat keputusan bisnis yang tepat setiap harinya. Dengan adanya data transaksi bersama dari berbagai sumber, sistem ERP pun akan mengecilkan kemungkinan penggandaan data dengan cara memberikan intregritas data.

Sejarah mengenai Software ERP

Software ERP Terbaik di Indonesia

Penggunaan istilah ERP diciptakan pada tahun 1990 oleh Gartner Group. Namun, sebenarnya konsep ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Pada tahun 60-an, konsep ini saat itu hanya diterapkan pada manajemen inventaris dan kontrol di sektor manufaktur. Pembuat software membuat program yang dapat memantau inventaris, merekonsiliasi saldo, serta melaporkan status. Tahun 70-an pun program ini berkembang menjadi Material Requirements Planning (MRP) untuk menjadwalkan proses produksi.

Selanjutnya pada tahun 80-an, MRP pun dikembangkan untuk bisa memproses bidang manufaktur lebih banyak, sehingga namanya pun berubah menjadi MRP-II atau Material Resource Planning. Tahun 1990, sistem ini sudah banyak memiliki fungsi yang di luar manajemen inventaris dan proses back office seperti laporang keuangan, permesinan, manejemen SDM, serta manajemen proyek. Tahun inilah istilah ERP mulai dipakai.

Karena banyaknya permasalahan yang muncul dalam komputer Y2K dan pengenalan mata uang Euro yang sedang terjadi, banyak perusahaan di tahun 90-an yang segera memperbarui sistem milik mereka yang telah ada. Ada juga dari perusahaan-perusahaan tersebut yang mengadopsi sistem ERP. Selanjutnya, tahun 1998, NetSuite pun didirikan dengan tujuan untuk membuat sistem yang bisa digunakan oleh seluruh perusahaan dan bisa digunakan lewat internet.

Tahun 2000-an pun Gartner Group mengembangkan ERP dan meluncurkan ERP II. ERP II merupakan ERP dengan berbasis cloud pertama. Sistem ini pun tentunya menawarkan fleksibilitas yang lebih baik karena tidak peduli dengan batas wilayah dan zona waktu (asalkan tetap terhubung internet). Saat ini software ERP SaaS (Software-as-a-Service) banyak diminati oleh pelaku bisnis, termasuk UKM karena tingkat mobilitasnya sangat tinggi dan dengan harga yang terjangkau. Software ERP terbaik di Indonesia pun dicari oleh banyak pelaku bisnis yang ada di Indonesia.

Siapa saja yang dapat menggunakan ERP?

Awalnya, software ERP hanya dirancang untuk industri manufaktur, namun sekarang software ini sudah berkembang. ERP dapat digunakan oleh industri-industri lain seperti jasa, pendidikan, ritel dan grosir, real estate, makanan dan minuman, kesehatan, bahkan sudah bisa digunakan oleh pemerintahan. Setiap perusahaan serta organisasi juga akan melakuakn proses mengelola karyawan, membeli produk dan saja, menjual atau mendistribusikan sesuatu serta mencatat keuangan yang masuk maupun keluar. ERP juga membuat perusahaan dari segala industri dapat mengintegrasikan dan mengelola seluruh fungsi dasar tersebut.

Fungsi ERP untuk bisnismu

Sebelum mencari tahu tentang software ERP terbaik di Indonesia, kita pun perlu mengetahui bahwa software ERP juga memiliki fungsi yang juga menguntungkan. Berikut ada beberapa fungsi yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan software ERP untuk perusahaanmu.

  1. Meningkatkan efisiensi

Sistem dalam software ERP dapat menyederhanakan berbagai aktivitas operasional yang biasanya memakan waktu dan tenaga yang sangat banyak. Tugas-tugas sulit seperti mengecek inventaris, memberikan tugas ke karyawan, memantau jam kerja, menggaji karyawan, membuat laporan keuangan, semua akan dapat dilakukan secara otomatis. Beralihnya pekerjaan manual, membuat tim dapat lebih fokus pada pekerjaan lainnya. Misalnya, tim marketing akan bisa memantau laporan web traffic harian tanpa harus memintanya dari tim IT, atau tim keuangan dapat membuat laporan tentang sales tanpa menunggu berita acara dari manajer penjualan.

  1. Dapat meningkatkan kolaborasi

Kolaborasi antar-divisi atau antar-departemen salah satu hal penting dalam sebuah bisnis. Dengan adanya software ERP, membuat tidak ada dinding pembantas antara departemen atau divisi. Data yang dimasukkan dalam sistem ERP akan terpusat dan konsistem. Semua departemen dapat mengakses data dari departemen lain. Software ERP yang berbasis cloud juga dapat memperluas kolaborasi antar tim hanya dengan lewat internet.

  1. Dapat menghemat biaya operasional

Software ERP juga akan membantu perusahaan dalam menghemat biaya operasional. Sebagian besar aktivitas operasional diotomatiskan, maka kesalahan, gangguan, kendala, serta kerusakan dapa ditangani dengan baik. Pekerjaan kompleks pun akan dapat diselesaikan lebih cepat sehingga dapat mengurangi waktu yang terbuang. Perusahaan pun dapat mengurangi biaya tenaga kerja karena ERP ini sangat cerdas dan dapat mengambil alih pekerjaan manual.

Baca Juga: Software Payroll Terbaik di Indonesia

  1. Dapat meningkatkan keamanan data

Software ERP biasanya memiliki firewall dan kontrol pembatasan untuk pelanggaran dan pencurian data. Semua data akan disimpan dalam satu sistem terpusat dan titik akses pun dapat dimonitor dengan ketat serta keamanannya pun akan terjaga. Seseorang yang menjadi admin akan bertanggung jawab mengelola data perusahaan dan hanya memberikan akses terbatas kepada karyawan. Misalnya, seorang manajer HR bisa menyembunyikan data-data penting perusahaan hanya untuk dirinya dan petinggi perusahaan dan hanya memberikan hak akses terbatas bagi karyawan yang ingin melihat data keuangan masing-masing.

  1. Dapat menentukan prakiraan bisnis yang akurat

Salah satu hal penting yang berpengaru pada kemajuan bisnis adalah prakiraan (forecast) yang tepat. Petinggi perusahaan sangat bergantung pada laporan prakiraan bisnis dan ini juga akan berpengaru pada keputusan yang akan mereka ambil. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu mendapat laporan real-time, lengkap, serta konsisten. Laporan dalam software ERP biasanya menggunakan filter dan analitik yang tinggi sehingga dapat menyaring ketidakkonsistenan pada data. Sistem dalam software ini juga akan memastikan data yang diperoleh dapat dihasilkan dari waktu yang sebenar-benarnya. Laporan bisnis akurat akan membantu petinggi perusahaan untuk mengambil keputusan terbaik untuk bisnis mereka ke depannya. Oleh karena itu, pemilihan ERP software yang terbaik di Indonesia sangat diperlukan!

Software ERP yang bisa menjadi pilihanmu adalah milik Pro-Int. Dengan pengalaman yang sudah cukup lama (hampir 25 tahun) membuat Pro-Int sudah tidak diragukan lagi kualitas pelayanannya. Pro-Int telah memiliki banyak klien ternama dengan beberapa jenis software perkantoran lainnya yang dapat kamu pilih serta memudahkan pekerjaan di perusahaanmu. Tentunya, Pro-Int memiliki jaminan mutu deh! Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk-produk dari Pro-Int, kamu bisa segera menghubungi kontak marketingnya.