HR Software Terlengkap di Indonesia
HR Software

Software Payroll Terbaik di Indonesia

Software Payroll Terbaik di Indonesia

Software Payroll Terbaik di IndonesiaMencari software payroll terbaik di Indonesia mungkin bukan hal mudah karena harus ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan. Software payroll terbaik ini tentunya akan mendukung kegiatan administrasi kantormu. Dengan digunakannya software payroll paling baik, perusahaanmu dapat membuat proses administrasi perkantoran karyawanmu menjadi lebih efektif serta efisien. Hal ini pun akan memudahkan pihak HR dan tidak perlu menghabiskan waktu lama-lama hanya untuk menghitung gaji karyawan setiap bulannya.

Dalam menghitung penggajian karyawan setiap bulan tentu akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi jika perusahaanmu sudah memiliki banyak karyawan. Segala hal yang berkaitan dengan gaji karyawan itu harus dihitung dengan baik, yang mana untuk peraturan perpajakan serta BPJS (ketenagakerjaan dan kesehatan) harus dihitung. Jadi, perusahaan juga harus memiliki software payroll yang memiliki perhitungan akurat agar gaji karyawan pun akan terselesaikan dengan baik dan cepat.

Tips memilih software payroll terbaik

Mencari software payroll terbaik di Indonesia pun harus memperhatikan banyak hal agar kamu tidak salah memiliki software payroll. Di bawah ini ada beberapa hal yang dapat dijadikan kriteria untuk memilih software payroll yang tepat untuk perusahaanmu.

  1. Memiliki tampilan simpel dengan bahasa yang sederhana

Salah satu alasan utama mengapa sebuah perusahaan menggunakan sebuah software payroll adalah untuk mempermudah dan menyederhanakan penghitungan gaji karyawan. Memiliki tampilan atau interface software yang sederhana akan memudahkan pemakaian software payroll ini untuk kegiatan administrasi. Tampilan yang mudah dan sederhana juga wajib didikung dengan bahasa yang mudah dipahami oleh banyak orang. Tampilan yang sederhana serta penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami akan membuat pihak personalia tidak akan kesulitan mempelajari perangkat lunak tersebut. Apalagi jika software payroll terbaik ini tidak terlalu banyak menggunakan berbagai istilah teknis yang rumit.

  1. Memiliki fitur yang lengkap

Perlu diperhatikan bahwa dalam menghitung gaji karyawan, ada beberapa hal yang perlu dilihat bahwa ada hal yang membuat gaji karyawan tidak selalu sama. Hal-hal tersebut diantaranya adalah absensi kehadiran, berapa lama jam kerja, pajak yang ditanggung karyawan tersebut, serta tunjangan-tunjangan lainnya. Setiap perusahan pastinya sudah menentukan apa saja komponen yang masuk dalam penghitungan gaji karyawan. Software payroll terbaik biasanya mendukung hal tersebut dengan memiliki fitu-fitur yang lengkap sehingga penggunanya termudahkan dengan adanya software tersebut.

  1. Memiliki penghitungan yang akurat

Saat melakukan penghitungan gaji untuk karyawan secara manual pasti akan membutuhkan banyak waktu. Terlebih lagi apabila perusahaanmu memiliki puluhan atau bahkan ratusan karyawan dengan pembayaran gaji yang cukup beragam. Fungsi penting dari sebuah software payroll terbaik adalah mempermudah penghitungan gaji karyawan perusahan dengan akurat. Penghitungan gaji karyawan juga harus dilakukan dengan akurat karena itu melibatkan keringat karyawan yang telah bekerja selama sebulan. Oleh karena itu, kamu pun wajib untuk memastikan bahwa software payroll yang kamu gunakan adalah software payroll terbaik di Indonesia yang dapat menghitung gaji karyawan dengan teliti, cermat, dan akurat.

  1. Menjaga keamanan data perusahaan

Data-data yang melibatkan karyawan serta keuangan perusahaan tentunya merupakan data-data yang sifatnya rahasia. Dengan maksud lain, data-data ini pun tidak dibolehkan bocor atau disalahgunakan oleh sembarangan orang. Saat memilih software payroll, kamu perlu memperhatikan keamanan data perusahaan agar tetap selalu terjaga. Pastikan data-data karyawan yang terkumpul dalam software payroll yang kamu gunakan hanya bisa diakses oleh pihak-pihak yang mengurusnya saja. Software payroll yang ideal adalah memiliki kuasa untuk siapa saja yang dapat mengakses data data tersebut, termasuk aplikasi tersebut dapat membedakan data apa saja yang dapat diakses oleh karyawan atau yang memiliki jabatan tertentu di perusahaan.

  1. Dapat memroses penghitungan dengan cepat dan selalu update

Salah satu hal yang akan kamu sadari ketika kamu menggunakan software payroll terbaik di Indonesia dibandingkan dengan menghitung gaji secara manual adalah kamu akan meraskan bahwa proses penghitungan akan jauh lebih cepat. Bukan hanya cepat, penghitungan ini pun juga akan selalu update karena komponen penghitungan gaji karyawan akan selalu berubah seiring dengan berkembangnya perusahaan. Kita bisa mengambil contohnya, saat perusahaan semakin membesar dan pemasukan meningkat, bisa saja perusahaan akan berbaik hati dan menambahkan kepada karyawan yang berprestasi atau ke seluruh karyawan. Contoh lain yang bisa kita lihat, ketika ada perubahan terkait penghitungan pajak, tentu ini akan segera diketahui jika software tersebut selalu update. Mungkin hal-hal ini tidak akan sering diabaikan tapi kalau dilupakan akan berdampak besar.

  1. Software dapat diakses oleh karyawan

Keterbukaan informasi sangat diperlukan di zaman sekarang sehingga banyak karyawan yang meminta mengetahui gaji yang diterima setiap bulannya. Hal ini tentu akan membuat karyawan mengetahui seberapa besar pemotongan gaji mereka akibat pajak, atau berapa banyak jumlah jam kerja mereka. Besarnya tunjangan yang diberikan karyawan juga penting, makanya mengakses hal tersebut untuk karyawan sangat diperlukan. Jadi software payroll yang baik adalah yang datanya dapat diakses karyawan.

Baca Juga: HR Software Terlengkap di Indonesia

Keuntungan menggunakan software payroll

  • Menghemat waktu

Menghitung gaji karyawan tentunya akan menjemukan apalagi jika dilakukan secara manual. Tidak seorang HR pun yang mau menghabiskan waktu mereka untuk berlama-lama terpaku menghitung gaji, kan? Setiap divisi tentunya ingin mengerjakan pekerjaannya lebih cepat dan tepat, apalagi mereka pihak HR yang mengurusi gajian karyawan. Salah satu solusi untuk menghemat waktu adalah dengan menggunakan software payroll terbaik. Dengan adanya aplikasi ini, penghitungan gaji akan lebih cepat dan karyawan pun akan senang.

  • Adannya transparansi dalam pembayaran gaji

Bagi pihak HR, pasti sering sekali mendapatkan teguran dari para karyawan saat hari gajian karena banyak potongan. Hal ini tentunya sangat wajar terjadi mengingat banyak sekali potongan yang harus dibayarkan pribadi karyawan. Namun, hal tersebut dapat terlihat karena adanya transparansi gaji dengan menggunakan software payroll. Aplikasi akan mencatat dengan jelas apa saja pemotongan-pemotongan gaji tersebut sehingga karyawan pun mengetahui ke mana uangnya pergi.

Banyak hal yang menjadi pertimbangan ketika perusahaanmu memutuskan untuk menggunakan software payroll untuk membantu pihak HRD mengerjakan pekerjaan mereka. Maka, pemilihan software payroll yang tepat adalah hal yang sangat krusial. Kalau saja perusahaanmu mengalami kesalahan penghitungan gaji yang begitu sering, hal ini tentu akan menurunkan kepercayaan karyawanmu terhadap tanggung jawab perusahaanmu. Karyawan pun akan merasa bahwa pekerjaan mereka sia-sia dan tidak bersemangat kerja lagi.

Salah satu software payroll terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih adalah Pro-Int. Dengan penghitungan gaji yang akurat dan tepat, hal ini tentu akan membantu pihak HR menyelesaikan pekerjaan dengan tepat dan cepat. Karyawan perusahaanmu pun akan semakin loyal dengan perusahaan karena gaji mereka dihitung  dan dibayarkan dengan tepat. Jika ingin mengetahui paket yang ditawarkan Pro-Int, kamu bisa langsung menghubungi pihak marketing dari Pro-Int untuk harga yang ditawarkan.