HR Software Terlengkap di Indonesia
HR Software

Software HR Terbaik di Indonesia

Software HR Terbaik di Indonesia

Software HR Terbaik di Indonesia

Ada beberapa software HR terbaik di Indonesia yang dapat digunakan oleh perusahaanmu untuk mempermudah perekapan data karyawan. Penggunaan software HR saat ini sangat diperlukan oleh para perusahaan, apalagi perusahaan berskala besar. Selain strategi untuk mempertahankan serta meningkatkan keuntungan, perusahan-perusahaan pun mencari cara untuk mengatur regulasi karyawannya.  Banyaknya karyawan membuat pihak HR tidak mampu menangani secara manual tentang bagaimana mengurus data-data karyawannya. Oleh karena itu penggunaan software HR sangat diperlukan dalam dunia administrasi kantor.

Software HR merupakan salah satu software yang wajib dimiliki oleh perusahaanmu terlepas dari apa industri perusahaannya. Dengan adanya software HR, perusahaanmu akan dapat mengelola apa pun yang berkaitan dengan SDM hanya dengan terpusat dalam satu sistem. Aktivitas yang dapat dipantau dari software HR di antaranya adalah penggajian karyawan, pembayaran pajak karyawan dan perusahaan, rekrutmen karyawan baru, evaluasi kinerja karyawan, presensi dan cuti, serta masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh software HR ini.

Manfaat menggunakan software HR bagi perusahaan

Software HR ternyata dapat membantu para HRD untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka. Ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika perusahaanmu menggunakan software HR. Manfaat pertama yang perusahaanmu dapat kamu rasakan adalah dapat meningkatkan produktivitas HR secara keseluruhan. Software HR dirancang agar dapat mengerjakan segala macam proses administrasi serta pekerjaan HR. Contohnya, software HR dapat membantu menyederhanakan proses penyeleksian CV kandidat saat proses perekrutan. Software HR juga dapat meningkatkan produktivitas manajemen keuangan dengan adanya sistem payroll.

Manfaat selanjutnya yang akan kamu rasakan adalah berkurangnya kesalahan akibat human error. Banyaknya kepentingan HR yang berkaitan dengan banyak hal termasuk regulasi pemerintah sehingga kesalahan kecil pun akan dapat mengakibatkan masalah hukum bahkan kerugian finansial bagi perusahaanmu. Namanya, juga manusia makanya hal tersebut bisa dihindari dengan menggunakan software HR. Software HR dapat menjadi pedoman untuk terhindarnya masalah human error dalam pelaksanaan HR.

Manfaat ketiga yang bisa perusahaanmu rasakan adalah dapat mengawasi jalannya perusahaan. Dilihat dari manfaat sebelumnya yang ada di atas, perusahaanmu menggunakan fungsi software HR yang dilengkapi dengan program untuk mengawasi proses operasi perusahaan. Hal ini membuat perusahaanmu berjalanan sesuai peraturan yang sedang berlaku. Software HR juga dapat membuat perusahaanmu mematuhi UU yang saat ini berlaku sehingga reputasi perusahaan menjadi jelas.

Last but not least, manfaat lain yang akan perusahaanmu rasakan adalah menganalisis performa karyawan. Banyaknya karyawan dalam sebuah perusahaan mungkin membuat sulit para HR untuk menganalisis performanya masing-masing. Software HR juga mampun menganalisis performa perusahaan serta peluang keberhasilan yang besar saat pengambilan keputusan. Contohnya, divisi HR akan bertangggung jawab menganalisis biaya yang akan dikeluarkan perusahaan dalam proses perekrutan serta perhitungan turnover perusahaan. Hasil inilah yang akan didgunakan dalam pembuatan keputusan berikutnya untuk keberhasilan perusahaanmu.

Baca Juga: Software ERP Terbaik di Indonesia

Cara Memilih Software HR Yang Terbaik

Mencari software HR untuk bisnis dan perusahaanmu memang bukan hal yang mudah karena setiap produk software memiliki keunggulan masing-masing, tergantung kebutuhan perusahaanmu. Jika saat ini perusahaanmu sedang mencari software HR terbaik yang akan digunakan oleh perusahaanmu, kamu harus memperhatikan 7 hal di bawah ini.

  1. Cari yang sesuai dengan kebutuhan perusahaanmu

Dalam software HR yang diciptakan, pasti ada beragam fitur yang tentunya akan memudahkan pekerjaan tim HR sebuah perusahan. Namun, akan lebih baik jika pilihan software HR tersebut disesuai dengan kebutuhan perusahaanmu. Cobalah mulai dengan mengurutkan kebutuhan dengan tingkat urgensi yang lebih tinggi. Pilihlah fitur-fitur dalam software HR yang akan kamu pilih dengan mementingkan efisiensi waktu bekerja dalam divisi HRD.

  1. Perhatikan bagaimana akurasi sistemnya

Berbeda dengan cara kerja karyawan secara manual, software HR ini diciptakan berdasarkan dalam sebuah sistem di komputer. Tentu saja, kalau tidak menggunakan ketelitian sebagai karyawan HR saat menggunakan software HR ini, sistem juga bisa mengalami kesalahan input data. Untuk itu, sangat perlu sekali untuk mencocokkan kembali antara perhitungan di software HR dengan perhitungan manualmu saat awal proses memasukkan datanya.

  1. Pertimbangkan fleksibilitas softare

Setiap perusahaan tentunya membutuhkan fitur software HR yang berbeda-beda, tergantung berapa banyak karyawannya serta sistem kerja yang berlaku dalam perusahaan tersebut. Perlu dipertimbangkan hal yang terkait dengan fleksibilitas software HR tersebut sebelum perusahaanmu memutuskan untuk menggunakannya. Pilihlah software dengan fitur lengkap serta dapat memenuhi kebutuhan perekapan data perusahaan dari berbagai sektor.

  1. Cari yang memiliki keamanan data yang tepat

Dengan berkembangnya dunia digital serta teknologi, cybercrime terus meningkat dan harus lebih waspada saat menyimpan data-data di internet. Segala sata yang diunggah dalam sebuah software yang menggunakan internet pasti memiliki peluang untuk dicuri atau memiliki celah dna bisa saja data-data tersebut digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Memilih software HR yang akan menjamin data-data internal perusahaanmu dengan baik akan mengurangi tingkat kewaspadaan serta carilah software HR yang selalu memberikan update sistem untuk mencegah peretasan.

Baca Juga:

  1. Menggunakan bahasa operasional yang mudah

Ada beberapa software HR yang mungkin diciptakan dengan menggunakan bahasa yang sulit dimengerti oleh pihak HRD di perusahaan. Apalagi jika orang-orang dalam divisi HRD ini masih awam dengan teknologi software HR ini. Niatnya ingin memudahkan pekerjaan para karyawan HR, karena bahasa operasional dalam sistem yang digunakan sangat sulit dimengerti, malah akan membuat para divisi HR akan menggunakan banyak waktu untuk mempelajari software tersebut.

  1. Gunakan fitur yang paling sederhana dari software tersebut

Jika kamu ragu dengan fitur apa saja yang diperlukan oleh perusahaanmu karena banyak fitur yang ditawarkan dalam software HR terasa begitu penting, sebaiknya kamu pikirkan untuk memilih fitur yang paling sederhana.  Biasanya, software-software yang mempermudah pekerjaan memiliki versi trial yang dapat kamu coba fitur-fitur lengkapnya. Nah, agar tidak mengeluarkan banyak biaya, kamu bisa mencoba beberapa fitur yang menurutmu berguna untuk perusahaanmu. Seiring dengan berjalannya waktu, kamu pun bisa menambah fitur lain yang dapat memudahkan perusahaanmu.


Software HR Terbaik di Indonesia
  1. Cari yang paling murah tapi berkualitas

Software HR terbaik tidak harus selalu berharga mahal. Ada beberapa pihak developer yang mengembangkan software HR dengan harga yang terjangkau dengan fitur-fitur yang lengkap. Hal yang perlu kamu lakukan adalah lakukan perbandingan harga dan kualitas layanan antar software HR. Software HR dengan harga mahal belum tentu memberikan pengalaman pengguna yang mudah, jadi sebaiknya seleksi dengan cermat.

Pro-Int Solusi Software HR Terbaik di Indonesia´╗┐

Salah satu software HR terbaik yang bisa kamu pilih adalah Pro-Int. Sudah memiliki pengalaman di bidang software HR selama 24 tahun dan melayani berbagai klien membuat kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Harga yang ditawarkan pun beragam dan tentunya akan terjangkau. So, jika kamu membutuhkan software HR terbaik di Indonesia, Pro-Int adalah jawabannya.

Program Pro-Int HR Cloud

Aplikasi SDM berbasis web terintegrasi dengan basis bayar per penggunaan yang akan merevolusi manajemen SDM Anda dengan mengotomatiskan alur kerja, menghadirkan fleksibilitas yang lebih besar, dan melengkapi bisnis Anda dengan dasbor analitik untuk wawasan yang lebih dalam.